OTHERS TECHNIQUES TO CAPTURE TACIT KNOWLEDGE

Lecture : Leon Abdillah

 

Nominal Group Technique

The Nominal Technique yang dikembangkanoleh Andre P. Delbcqdan Andrew H. Van de Ven The Nominal Group Technique/ kelompok nominal adalah suatu teknik peran serta dalam pengambilan keputusan yang lebih jarang digunakan ketimbang brainstorming. Ini berarti juga teknik untuk mengumpulkan pandangan dan penilaian personal dalam suasana ketidakpastian, ketidak sepakatan pada inti persoalan lalu mencari jalan keluar terbaik. Dalam the nominal group technique, pandangan pribadi masing-masing orang memegang peranan penting. The nominal group technique tepat dipakai untuk kelompok kecil yang beranggotakan tidak lebih dari sama dengan 14 orang. Hal demikian karena dengan jumlah anggota yang sedikit persidangan relative dapat diselesaikan lebih cepat. Terdapat tiga elemen penting yang seyogyanya diperhatikan jika hendak memakai the nominal group technique. Elemen pertama, ada sebuah dan hanya sebuah saja pertanyaan yang sudah dipikirkan matang dan dirumuskan. Elemen kedua ialah ada sekelompok orang dengan tugas khusus dan ahli dalam masalah yang akan didiskusikan. Elemen ketiga tidak lain pemimpin kelompok yang dapat memimpin. Tugas pemimpin kelompok hanyalah menjadi fasilitator dan tidak mempengaruhi berlangsungnya persidangan seperti mengusulkan suatu rekomendasi.

Berdasarkan nominal group technique yang akan diterapkan dalam evaluasi penerapan Promosi kesehatan model C dalam penanggulangan penyakit DBD melalui gerakan 3 M plus di Kota Pekanbaru dalam kesehatan lingkungan, terdapat team yang meneliti yaitu :

  1. Team melakukan penelitian dengan pemilihan sampel daerah dengan teknik acak(clusterrandom sampling), di beberapa kecamatan di kota pekan baru.
  2. Team melakukan penerapan model promosi kesehatan model C (kombinasi ceramah tanya jawab + komik promosi kesehatan tentang DBD + folder penanggulanganDBD) ke pada masyarakat.

Didalam NGT para ahli harus mampu mengambil keputusan didalam proses penerapan promosi kesehatan model C dalam penanggulangan penyakit DBD melalui gerakan 3 M plus haruslah memiliki pola pandang yang sama walaupun arah pandangannya berbeda-beda.
Dengan adanya team penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam menanggulangi penyakit DBD dan memberikan promosi kesehatan tentang DBD ke pada masyarakat agar dapat menciptakan lingkungan yang sehat.

By ayutrisnasari08

Tinggalkan komentar